The Political Literacy Institute berdiri pada bulan Desember 2008. Didirikan oleh perkumpulan peneliti serta Dosen yang memiliki kesadaran pada pentingnya sebuah lembaga yang concern pada literasi publik. Atas dasar tersebut Gun Gun Heryanto, Iding R Hasan berinisiatif untuk membentuk The Political Literacy Institute. The Policy kemudian merekrut anak-anak muda yang memiliki jiwa intelektual serta kemampuan komunikatif untuk kegiatan-kegiatan pelatihan.

 

Pada Tahun 2010, the Policy bersama Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) mengadakan serangkaian kegiatan yang diberi nama Youth Political Outlook (YPO). Program tersebut mengedukasi mahasiswa untuk melek dan terlibat dalam politik. Program YPO ini juga dilakukan di Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Selain itu, the Policy juga merambah pada Sekolah Menengah Atas di sekitaran Jakarta dan Bandung.

 

The Policy konsisten melakukan kajian rutin setiap bulan dan di akhir tahun diskusi-diskusi tersebut diterbitkan dalam bentuk buku. Sampai saat ini The Political Literacy telah menerbitkan 3 buku dan sedang dalam tahap pencetakan buku yang ke 4